blog img

Seperti kita ketahui bahwa produk-produk impor Indonesia banyak berasal dari China. Label ‘made in China’ sepertinya sudah bukan hal asing lagi di mata konsumen Indonesia.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), lebih dari seperempat (28,49%) produk nonmigas impor yang diimpor ke Indonesia pada tahun 2018 berasal dari China. Setiap satu dari empat barang impor non migas di Indonesia, dikirim dari China.

Berikut 10 kelompok barang terbesar yang diimpor dari China di tahun 2018, berdasarkan penelusuran Tim Riset CNBC Indonesia pada data perdagangan luar internasional yang dirangkum oleh UN Comtrade. UN Comtrade sendiri merupakan basis data yang dikelola oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Merk-merk handphone asal China memang cukup digemari konsumen Indonesia. Seperti Xiaomi, Oppo, dan Huawei. Selain itu juga, sebagian besar merk handphone dunia juga menggunakan China sebagai tempat produksi.
Sementara itu barang paling banyak diimpor yang termasuk dalam HS 84 adalah mesin pengolah data otomatis (HS 8471) dengan total nilai US$ 1,65 miliar.
Fasilitas produksi seperti pabrik, serta fasilitas pembangkit listrik banyak menggunakan mesin-mesin ini.
Adapun barang-barang lain sebagian besar merupakan bahan baku produksi di berbagai industri, elektronik, konstruksi, dan kimia.
Sumber: cnbcindonesia.com

Leave a Reply